RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMKN 1 TINAMBUNG Mata Pelajaran : Kimia Materi Pokok : Hidrokarbon Kelas/Semester : X / Genap Alokasi Waktu/pertemuan : 2 JP / 1 pertemuan

 

   
A. Kompetensi Dasar
   
3.6 Menganalisis struktur sifat senyawa   hidrokarbon serta dampak pembakaran hidrokarbonterhadaplingkungan-dan sekitar   kesehatan serta cara mengatasinya
   
   
   
B. Tujuan   Pembelajaran
   
Melalui pendekatan Saintifik     dengan    model pembelajaran Discovery Learning dan   Metode Blended Learning, dengan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, dan mengolah informasi.   Diharapkan peserta didik dapat menjelaskan konsep senyawa hidrokarbon dengan benar, serta terlibat aktif dan memiliki sikap   jujur dan bertanggung   jawab selama proses   belajar mengajar   berlangsung.   

C. Kegiatan Pembelajaran

Pendekatan/Model/Metode: Saintifik / Discovery Learning/Blended Learning, Media/platform: LCD, Sumber Belajar: video dan PPt Senyawa Hidrokarbon Alat/Bahan: Laptop/Hp

PERTEMUAN KE 1

Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)

▪ Guru membuka pembelajaran dengan salam dan bersama-sama siswa berdoa untuk memulai pembelajaran(Religius) ▪ Guru memberikan informasi materi yang akan dibahas melalui tatap muka serta menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ▪ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan di ajarkan kepada peserta didik.

   

   
Mengamati   
   
Stimulasi
   
(sinkron)   
   
· Guru    menyajikan video    dan meminta peserta    didik mengamati    video tentang senyawa karbon. https://www.youtube.com/watch?v=fYeSjJqEyss https://www.youtube.com/watch?v=0bB_2KkOlHM   
   
· Critical thinking,   literasi   
   

   
Menanya   
   
Problem
   
Statement
   
(sinkron)   
   
· Guru dan peserta didik saling mengajukan pertanyaan
   
tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi senyawa karbon ? Bagaimanakah   rumus tentang   hidrokarbon? Bagaimana penyelesaian soal reaksi senyawa hidrokarbon?   
   
· Critical thinking,   kolaborasi,
   
komunikasi, literasi, HOTs   
   

   
Mengumpul kan   
   
Mengumpu
   
lkan informasi (asinkron)   
   
Guru menyajikan video dan membagikan ppt sehingga
   
Peserta didik dapat mengumpulkan informasi sebelum mengerjakan soal tentang senyawa hidrokarbon, melalui : https://www.youtube.com/watch?v=XNfGkv5iwR4   
   
· Critical thinking, kolaborasi,   komunikasi,
   
literasi, kreatif, HOTs   
   

   
Mengasosia si   
   
Pengolahan
   
Data
   
(asinkron)   
   
· Guru     membagikan LKPD kemudian Peserta didik
   
mengerjakan    soal-soal    yang ada    pada    Lembar    Kerja
   
   
   
· Critical thinking, kolaborasi,
   
komunikasi,
   
literasi, kreatif, HOTs   
   

   
Mengko munikasi   
   
Komunikasi
   
(sinkron)   
   
· Guru meminta Peserta didik mengkomunikasikan hasil mengerjakan soal soal tentang senyawa hidrokarbon via   tatap muka    
   
· Critical thinking, kolaborasi,   komunikasi   
   
   
   
Generalisas
   
i (sinkron)   
   
· Guru     membimbing Peserta     didik     menyimpulkan
   
Mengenai   senyawa hidrokarbon.   
   
· Critical thinking, kolaborasi,   komunikasi   

Kegiatan Penutup ( 5 menit)

▪Guru bersama dengan peserta didik mereview pembelajaran, dan menghubungkan dengan kehidupan sehari- hari serta manfaatnya di masyarakat via tatap muka. ▪ Guru mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. ▪ Guru mengajak murid untuk berdoa guna menutup pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran dengan memberi salam

Penilaian

   
Pengetahuan (berorientasi HOTS)   
   
Ketrampilan   
   
Sikap   
Jenis Tes : Tertulis Pengamatan: Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi Observasi Kegiatan Diskusi : Lembar Observasi
Bentuk Tes : Pilihan Ganda Instrumen : terlampir Penilaian Diri : Format
Instrumen Tes : terlampir Penilaian diri
Penilaian Antar Peserta Didik : Format Penilaian antar peserta didik
Jurnal : Catatan pengamatan selama pembelajaran
Yang dinilai :
Sikap Sosial : Teliti, Kerja sama, Disiplin, Tanggung jawab
Sikap Spiriual : Religius: Berdoa
Instrumen : terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar