LAPORAN KEGIATAN PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2021
A.KEGIATAN TATAP MUKA (
SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR)
1. SMKN 1 TINAMBUNG
Kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar saya mulai pada tanggal 05 nopember 2021, sosialisasi ini saya awali dari sekolah tempat saya mengajar yaitu SMKN 1 Tinambung, pada sosialisasi tersebut saya berkolaborasi dengan salah satu rekan guru dari SMKN 1 Tinambung yang merupakan salah satu peserta SRB Sulbar tahun 2021, tema yang saya usung adalah Golla Kambu yang merupakan kearifan local dan salah satu panganan khas suku mandar pada provinsi Sulawesi Barat. Golla Kambu merupakan akronim dari “Go Obrolan edukasi Kreatif, Asyik, Menarik, Berbudaya dan Unggul dengan Rumah Belajar”. Untuk makna filososfis dari Golla Kambu adalah selaras dengan rumah belajar yang memiliki fitur asyik, menarik, dan rame dikunjungi oleh siapapun,begitu pula dengan golla kambu yang memiliki bahan dasar gula, tentu saja disukai oleh semua kalangan.Pada salah satu fitur pendukung portal rumah belajar terdapat fitur Edugame yang mengusung tema” bermain sambil belajar”, pada fitur ini disajikan permainan yang dirancang sedemikian rupa dengan tampilan yang menarik dan interaktif yang dihubungkan dengan materi pelajaran yang disajikan oleh guru dengan tujuan agar memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan oleh guru.
Diharapkan dengan adanya salah satu fitur pendukung ini akan menambah daya tarik peserta didik untuk mengalihkan perhatian dari sekedar menghabiskan waktu bermain game dengan mengunduh fitur Edugame dimana pada fitur ini terdapat permainan yang bertujuan untuk lebih mudah dalam memahami pelajaran. Kegiatan sosialisasi hari pertama di SMKN 1 Tinambung dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah dan para tenaga kependidikan yang ada di SMKN 1 Tinambung dan juga dihadiri oleh mahasiswa KKN dari UNM Makassar. Pada sosialisasi hari pertama saya mensosialisasikan tentang fitur-fitur pendukung pada aplikasi rumah belajar yang terdiri dari fitur Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Buku Sekolah Elektronik, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Profesi Berkelanjutan, Edugame, Blog Pena.
Dokumentasi
sosialisasi hari pertama adalah sebagai berikut :
2. SMK CIPTA INSANI NUSANTARA
Kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar yang kedua dilanjutkan ke Sekolah SMK Cipta Insani Nusantara yang dilaksanakan pada tanggal 08 nopember 2021. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh tenaga pendidik, peserta didik dan mahasiswa KKN UNM Makassar yang terdiri dari 25 peserta. Pada sosialisasi yang kedua saya masih berkolaborasi dengan salah satu peserta SRB Sulbar tahun 2021 yang merupakan rekan guru dari SMKN 1 Tinambung. Pada kegiatan berbagi dan berkolaborasi bersama rumah belajar selain memperkenalkan fitur-fitur pendukung pada portal rumah belajar saya juga mensosialisasikan tentang cara menggunakan aplikasi rumah belajar. Adapun dokumentasi dari kegiatan sosialisasi hari kedua adalah sebagai berikut :
“Go Obrolan edukasi
Kreatif, Asyik, Menarik, Berbudaya dan Unggul dengan Rumah Belajar”
Pendidikan
memegang peranan sangat penting tidak hanya bermanfaat bagi individu, namun
juga berpengaruh terhadap pembangunan bangsa dan Negara. Hingga saat ini
pembelajaran masih banyak berpusat pada guru. Meskipun sebagian besar guru
telah menggunakan media untuk mengajar kimia, akan tetapi masih banyak guru
yang masih sibuk dengan “ceramahnya”. Penerapan Teknologi informasi dan
komunikasi sudah mulai diterapkan di sekolah-sekolah. Dalam hal ini pendidikan
teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan
zaman, contohnya dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari. Salah satu
aplikasi yang diluncurkan oleh Kemendikbud adalah peranan teknologi informasi
dalam penunjang proses pembelajaran adalah dengan menggunakan aplikasi Rumah
Belajar. Fitur-fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar merupakan cara belajar
baru (aktif, mandiri, menarik dan lebih menyenangkan) dengan melalui internet
sebagai akses jaringan untuk pembelajaran yang menarik dan interaktif, Bahan
ajar dengan tampilan yang menarik, serta memberikan motivasi agar cara belajar
siswa melalui penggunaan fitur Rumah belajar lebih memotivasi siswa agar lebih
bersemangat dalam belajar dan kegiatan proses belajar mengajar lebih menarik sekaligus menyenangkan khususnya mata
pelajaran kimia.
Materi-materi pada pelajaran kimia
yang sulit diamati dapat dengan mudah dipahami siswa secara digital. Hal ini dilatarbelakangi
oleh pemakaian gadget dan smartphone yang dimiliki luas oleh setiap kalangan
masyarakat, khususnya guru dan siswa. Sejalan dengan hal itu, pemerintah
melalui Kemendikbud bekerjasama dengan Pustekkom telah mengembangkan portal
pembelajaran digital dengan nama Rumah Belajar. Portal pembelajaran ini
menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung
interaksi antar komunitas. Bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 ini
dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru pada setiap jenjang pendidikan.
Dengan slogan belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja, serta
akses bebas tanpa biaya, pembelajaran
secara digital dapat dilakukan sebagai inovasi dalam proses belajar
mengajar.
Pada
masa pembelajaran yang masih sangat terbatas ditengah covid-19 masih terkadang
digunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada pelaksanaan model Blended
Learning dalam poses pembelajaran diperlukan kesiapan dari berbagai hal, seperti
guru, siswa, dan tentu saja fasilitas pendukung pembelajaran. Guru perlu
memiliki keterampilan dan melek teknologi dalam pengemasan konten pembelajaran
yang akan disajikan dalam pelaksanaannya. Begitu pun pada siswa, siswa perlu
memiliki keterampilan dan melek teknologi dalam mengakses dan menggunakan
informasi untuk memperlancar proses pembelajaran yang disajikan secara online.
Yang tidak kalah penting juga untuk diperhatikan yaitu ketersediaan dan
kelayakan fasilitas pendukung pembelajaran, khususnya dalam fasilitas penunjang
pembelajaran secara online.
Pada
pembelajaran Kimia seperti materi praktikum menentukan larutan elektrolit dan
non elektrolit, guru dapat merancang pembelajaran dengan menggunakan Blended
Learning yang di integrasikan dengan salah satu fitur pada portal rumah belajar
yaitu pada Laboratorium maya. Adapun tahapannya sebagai berikut :
- Seeking Of
Information
Pada tahap ini dilakukan pencarian informasi dari berbagai sumber informasi yang tersedia secara online berdasarkan pada kesesuaian konten pelajaran yang ditugaskan, serta kejelasan dan kebenaran konten yang ditugaskan. Pada tahap ini, jika dilakukan secara online, siswa bias diarahkan untuk mencari informasi pada berbagai sumber online. Namun sebaiknya, guru mengarahkan dan memberikan rekomendasi website yang bisa dijadikan referensi oleh siswa.
2. Acquisition Of Information
Pada tahap ini siswa menemukan, memahami, serta mengelaborasi informasi dengan ide atau gagasan yang telah mereka ketahui dan ada dalam benak pikirannya. Selanjutnya siswa akan melakukan interpretasi informasi/pengetahuan dari berbagai sumber yang tersedia.Pada akhirnya, diharapkan semua siswa mampu mengkomunikasikan ide-ide dari hasil interpretasinya secara online.
3. Synthesizing Of Knowledge
Tahap
ini merupakan tahap membangun atau membangun kembali pengetahuan melalui proses
asimilasi dan akomodasi berdasarkan dari hasil analisis, diskusi dan perumusan
kesimpulan dari informasi yang diperoleh. Proses pada tahap ini, kalau
dilaksanakan secara online siswa diminta untuk melaksanakan upload atau unggah
tugas, misal dalam bentuk laporan, artikel, dan lainnya. Blended Learning dapat
dilakukan secara online dan offline.
Pada
kegiatan pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan dengan menggunakan Blended
Learning untuk kegiatan praktikum menentukan larutan elektrolit dan non
elektrolit, peserta didik merasa senang karena dapat bereksperimen dengan
berbagai jenis larutan untuk mengetahui apakah jenis larutan tersebut
elektrolit atau non elektrolit seolah-olah mereka melakukan praktikum di
laboratorium yang sesungguhnya. Dengan adanya laboratorium maya pada salah satu
fitur di rumah belajar dapat mengatasi masalah siswa yang selama ini terkendala
dengan keterbatasan alat dan bahan kimia praktikum. Terima Kasih Rumah Belajar.
BERBAGI
& BERKOLABORASI BERSAMA RUMAH BELAJAR
BELAJAR
DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DAN DENGAN SIAPA SAJA.
SALAM
RUMAH BELAJAR……
Tidak ada komentar:
Posting Komentar